Bisnis Catering Sahur, Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadhan - Bisnis Dunia Maya

Bisnis Catering Sahur, Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadhan. Di sisi lain, terjadinya perubahan gaya hidup di bulan Ramadhan, membuka peluang bisnis bagi penyedia layanan katering. Katering sahur diyakini lebih menantang daripada katering harian. Sebab, banyak faktor yang harus dipersiapkan dengan matang agar bisnis ini tidak hanya berjalan mulus, tetapi juga mendapat reputasi yang gemilang dari konsumen. Nah, bagi Anda yang tertarik menjalani bisnis ini, berikut adalah tips untuk menjalankan bisnis katering yang dapat Anda pertimbangkan:

%name Bisnis Catering Sahur, Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadhan

Menu sahur yang menggugah selera makan

Pemilihan menu sahur yang tepat adalah kunci utama untuk memulai bisnis katering sahur. Tak ayal perasaan malas dan mengantuk sering melorot saat fajar tiba. Untuk itu Anda harus membuat menu sahur yang menggugah selera. Tentu saja menu yang menarik dapat menghilangkan kantuk dan kemalasan. Selain itu, menu makanan yang dikirim ke konsumen harus praktis untuk dipanaskan kembali baik di kompor maupun di microwave.

Diet selama puasa berubah menjadi dua kali sehari. Karena itu, menu sahur harus memenuhi gizi seimbang. Tujuannya agar tubuh tetap kuat dan segar melalui puasa sepanjang hari sampai jam buka puasa tiba. Nutrisi yang seimbang tidak hanya karbohidrat, protein, dan serat nabati tetapi juga vitamin dan kandungan air buah-buahan. Pilihan yang tepat jika Anda memasukkan buah-buahan seperti apel, pir, pisang, atau mangga dalam menu sahur sehat Anda.

Harga kompetitif dan sistem pembayaran yang tepat

Katering bisnis hingga subuh dapat membawa banyak manfaat. Ini bisa terjadi selama Anda dapat memasang harga kompetitif yang tepat. Harga yang diberi harga harus mempertimbangkan kenaikan harga bahan baku di pasaran (yang sering terjadi sebelum lebaran) dan persaingan harga dari pesaing.

Harga dapat ditangani dengan membuat paket penawaran. Misalnya paket katering sahur lengkap (termasuk buah) atau paket sahur tanpa hasil. Paket ini juga dapat dibedakan dari bahan baku yang digunakan, misalnya paket premium (semua bahan baku organik) dan paket reguler.

Variasi dalam paket penawaran lainnya adalah tarif yang disesuaikan dengan jumlah pelanggan, misalnya paket keluarga (4-6 orang) lebih murah daripada paket untuk porsi 2 orang. Secara umum, paket katering Sahur dihargai di kisaran Rp. 25 ribu hingga Rp. 50 ribu per orang. Daftar harga ini dalam penawaran kepada konsumen. Tentu saja Anda dapat memberikan diskon ketika konsumen melakukan kontrak untuk pemesanan 30 hari penuh.

Celah lain yang harus diperhatikan adalah sistem pembayaran yang diterapkan. Sebaiknya Anda menerapkan sistem pembayaran minimum per dua minggu atau per bulan. Dengan demikian Anda dapat menghindari kerugian dari konsumen yang berhenti di tengah jalan.

Manfaatnya akan semakin besar ketika Anda menerima pesanan katering untuk pesta besar, setidaknya paket keluarga (4 orang), agensi, rumah kos, dan komunitas. Pesanan yang dijamin dapat mencapai puluhan kotak.

Menggunakan kotak makanan yang dapat digunakan kembali sebagai wadah tidak hanya praktis untuk Anda, tetapi juga lebih higienis bagi konsumen untuk makan makanan dan membersihkannya setelah itu. Tapi pastikan makanannya ditata dengan menarik dan kotaknya tertutup rapat agar tetap menyenangkan ketika sampai di tangan konsumen.

Baca juga : Peluang Usaha Terbaik Jualan Es Kelapa Muda di Bulan Ramadhan

Manfaatkan modal yang ada

Modal bukan hanya uang, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan bisnis ini. Untuk menghemat modal operasional pada awalnya, Anda dapat berkolaborasi dengan ibu atau asisten rumah tangga yang pandai memasak. Tentu saja, penting untuk menjaga rasa yang diberikan seotentik makanan rumah yang selalu menjadi favorit.

Anda juga tidak perlu terburu-buru untuk membeli peralatan memasak baru. Cukup gunakan peralatan yang sudah ada di dapur. Jika dianggap perlu, beli peralatan dapur satu per satu sesuai kebutuhan untuk memproses menu.

Setelah itu, kembangkan bisnis Anda dengan mengasah keterampilan memasak Anda atau pengetahuan tentang makanan. Proses ini dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai kursus memasak, membaca buku resep, dan bereksperimen di dapur.

Berikan bonus

Siapa yang tidak suka bonus? Tampak sepele tetapi bonus menunjukkan perhatian Anda kepada konsumen. Untuk itu Anda bisa memasukkan bonus dalam bentuk puding atau minuman jahe pada menu Senin. Siapa tahu, bonus ini dapat meningkatkan antusiasme konsumen untuk melakukan aktivitas di awal minggu.

Bagaimana, Anda siap menghadapi bulan puasa dengan katering pilihan (dan menu)? Siapa tahu dengan menu selera, ketika Anda diselamatkan dari paket makanan cepat saji atau mie instan. Atau apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis katering sahur di bulan puasa ini? Tidak hanya untuk mendapatkan berkah dan rezeki berlimpah, Anda dapat mencapai berkah karena membantu kesulitan orang dalam berteman!