Tips dan Kisah Sukses Berbisnis Usaha - Bisnis Dunia Maya

Tips dan Kisah Sukses Berbisnis Usaha


 Tips dan Kisah Sukses Berbisnis Usaha

Menjadi seorang pengusaha dan pro dalam berbisnis adalah langkah panjang yang harus kita tempuh dengan banyaknya rintangan yang akan kita hadapi untuk meraih sukses di bisnis usaha itu. Dan rintangan yang paling utama menurut saya yaitu adalah kegagalan,  kenapa?  Satu atau dua kali gagal mungkin kita akan tetap berusaha dalam mencari celah mengembangkan bisnis kita tapi kalau gagal terus?

Ingatlah kawan,  kegagalan adalah kunci dari kesuksesan, saran saya coba deh hapus tuh yang namanya kegagalan dalam kamus hidup Anda.  Saya yakin sukses akan menghampiri Anda kelak dan menjadikan kegagalan sebagai pembelajaran untuk pribadi Anda menjadi lebih baik lagi.  Dan kelak kau ucapakan "selamat tinggal kenangan kegagalan".

Anda pastinya tahu kan Ilmuwan terkenal atau salah satu penemu terbesar didunia,  ya Adalah Thomas Alfa Edison yang sukses dengan penemuannya yaitu lampu pijar. Perlu Anda ketahui bang Tommy ini gak langsung berhasil dengan experimen pertamanya,  tahukah Anda berapa experimen atau kegagalan yang Beliau lalui untuk penemuan terbesarnya?  9.998 kali bro dia gagal, baru yang ke 9.999 kali Beliau sukses menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang.  Karena Dia sadar betapa pentingnya sumber Cahaya bagi Umat manusia. Lalu apa yang Beliau katakan tentang kegagalannya?

Penemua Thomas Alfa Edison

Bang Thomas Alfa Edisonpun menjawab,  "SAYA SUKSES KARENA SAYA TELAH KEHABISAN APA YANG DISEBUT KEGAGALAN" . Dan saat ditanya apakah Dia tidak bosan dengan kegagalannya,  Iapun menjawab.  "DENGAN KEGAGALAN TERSEBUT, SAYA MALAH MENGETAHUI RIBUAN CARA AGAR LAMPU TIDAK MENYALA".

itulah kisah tentang Thomas Alfa Edison yang secara fisik maaf, agak tuli yang hanya bersekolah 3 bulan dan sering dikatakan seorang murid yang terlalu bodoh untuk mempelajari apa saja oleh Gurunya semasa kecil. Tapi sampai akhir hayatnya Ia memegang rekor 1.093 temuan paten atas namanya.

Itulah Thomas Alfa Edison.  Mari kita tengok di Indonesia,  ya yang paling hangat ada Menteri kelautan dan perikanan di Indonesia kita yaitu Ibu Menteri Susi Pudjiastuti. Siapa sangka, Beliau hanya bermodalkan Ijazah Smp sebagai Menteri. Karena waktu duduk di bangku Sma juga Beliau pernah di Drop Out.  Namun Beliau memilih untuk menjadi seorang pebisnis walaupun tak semulus yang diperkirakan tetapi berkat ketangguhan dan kemauan belajar dari manapun hingga akhirnya kesuksesan yang melatarbelakangi beliau.

Menteri Indo Susi Pudjiastuti

Sukses itu dapat dicapai dari berkali-kali kegagalan,  adapun orang yang sukses tanpa kegagalan sungguh tidak mungkin jika adapun mungkin Dia tidak akan mengetahui pengalaman berharga dari kegagalan dan rintangan untuk menjadi seorang yang sukses sebenarnya.

Satu lagi cerita tentang seorang pebisnis usaha yang sukses, Beliau adalah Bapak Ketut Dapan,  sekarang usianya genap 65 tahun. beliau Adalah seorang petani Semangka yang sukses,  namun perlu Anda ketahui jalannya menjadi seorang petani sukses tidaklah semulus yang diperkirakan.  Sekitar tahun 80an, Berawal dari rasa sakit hati Beliau terhadap hasil Panennya yang gagal terkena serangan hama wereng ditambah lagi sistem Nandu dengan keuntungan pemilik Punya separo dan Dia dua sepertiganya, membuat Beliau berpikir extra keras untuk dapat sukses menjadi seorang petani.  Ya bagaimana tidak sakit hati,  beliau sudah keluar bibit,  ongkos traktor dan pupuk, giliran panen si pemilik dapat banyak,  lalu ketika Kena serangan hama wereng Si pemilik gak mau tau dan Beliau sendiri yang menangggug ruginya.  Dari situlah Beliau akhirnya belajar bertanam Semangka dari Jember yang sukses bertanam semangka.
Selama satu musim beliau belajar bertanam semangka dengan menjadi buruh cangkul dan menanam semangka,  barulah Beliau optimis dan menjalankan bisnis usahanya sendiri dengan langkah awal Beliau menjual 5 ekor sapinya sebagai modal untuk menyewa lahan, membeli bibit dan keperluan lainnya.  Beliau berusaha semaksimal mungkin dari mencangkul lahannya,  menyiangi hingga penanaman semangkanya. Namun ternyata hasilnya tak semudah yang diharapkan,  karena kegagalan kerap kali selalu ada sebagai hambatan dalam usaha Beliau. Sempat 4 kali gagal tak menyurutkan niat Beliau untuk bertani kembali dan pada akhirnya Beliaupun memilih bibit yang tepat hingga sukses sebagai seorang petani semangka.

Petani semangka sukses pak Ketut Dapan

Sekarang banyak warga yang berdatangan kepada Beliau untuk belajar cara bartanam usaha semangka yang baik,  dulu Beliau yang belajar,  sekarang Beliaulah yang mengajari warganya. Sungguh sangat luar biasa perjuangan beliau,  semangka Beliau 1 kg nya dihargai 6.000 rupiah,  dan Beliau setiap panen yaitu 2 ton, maka bisa dihitung dalam satu musim panennya beliau mendapatkan pendapatan bersih Rp. 12 juta sudah dipotong keperluan bibit dan sewa lahannya.

Coba Anda bayangkan, hanya berawal dari menanam semangka, tapi Beliau bisa mendapatkan buah semangka yang banyak terus menerus. Jika kita menanam hal yang baik, maka kita akan peroleh lebih banyak kebaikan.
Untuk memperoleh hasil panen nya, Pa Ketut Dapan tidaklah berpangku tangan. Beliau bekerja konsisten terus menerus dan tau saat nya. Beliau punya Agenda dan Jadwal yang pasti sesuai porsi nya. Beliau tau saat menanam, setelah menanam, Dia juga tau saat nya merawat, tau saat memupuk, tau saat harus membajak. Jika benih-benih mulai muncul, maka akan muncul juga banyak hama dan serangga yang akan menyerang tanaman Beliau. Dan Beliau juga sudah mengetahui dan siap diri untuk memberantas hama-hama yang menyerang tujuan Beliau. Sampai akhirnya masa panen yang dinantikan terwujud.

Renungan buat kita:


  • Sudahkah kita persiapkan diri untuk memutuskan sesuatu yang kita tanam?
  • Sudahkah anda membuat agenda kerja anda?
  • Sudahkah anda konsisten mengerjakan setiap jadwal dari agenda tersebut?
  • Bagaimanakah cara anda memberantas hama negatif yang akan menyerang?
  • Kunci keberhasilan adalah membuat agenda dan konsisten mengerjakannya, serta tau momentum yang tepat untuk mengerjakan.

Saat menanam biji semangka, akan didapat  buah semangka. Jika menanam biji jeruk, Anda akan memperoleh buah jeruk. Namun jika anda tidak menanam apapun, apakah yang akan Anda dapatkan?
Banyak orang mengira jika tidak menanam sesuatu, maka tidak mendapatkan sesuatu. Namun faktanya jika kita tidak menanam sesuatu, maka yang akan tumbuh adalah ilalang.
Ilalang adalah hal negatif yang akan mengelilingi kita, karena dia menjadi lingkungan negatif yang akan membuat banyak kerugian dalam kehidupan.

Gagal,  gagal dan gagal,  percayalah adalah sebuah tantangan yang harus kita hadapi bukan sebuah musibah yang harus kita tangisi. Terus berusaha untuk melalui kegagalan itu dan berusaha membangkitkan rasa percaya diri dan yakin bahwa sukses itu pasti kita dapat meraihnya. Semoga dengan ini Anda termotivasi untuk menjadi seorang yang sukses di bisnis maupun usaha,  salam hangat maju terus pantang mundur.  Good Luck

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Kisah Sukses Berbisnis Usaha"

Post a Comment